Selamat Datang di Blog Saya TulisanNazya

Minggu, 19 November 2023

4 Teknik Dasar Bola Voli yang Wajib kamu Kuasai !

Bola voli adalah salah satu olahraga yang paling populer di dunia. Olahraga ini dimainkan oleh dua tim yang masing-masing terdiri dari enam pemain. 

Tujuan dari permainan ini adalah untuk mencetak poin dengan cara memukul bola ke lapangan lawan di atas net.


Untuk bisa memainkan bola voli dengan baik, perlu untuk mengetahui teknik-teknik dasar permainan bola voli. 

Dengan mengetahui dan mempraktekkan teknik tersebut, harapannya kalian bisa lebih baik dalam bermain voli, dan tentu saja memenangkan pertandingan.

Untuk memenangkan pertandingan bola voli, pemain harus menguasai berbagai teknik dasar. Berikut ini adalah 4 teknik dasar bola voli yang wajib dikuasai:

  1. Servis
  2. Passing
  3. Smash
  4. Block

1. Servis

Servis adalah teknik dasar bola voli yang digunakan untuk memulai pertandingan. Servis dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu servis atas dan servis bawah.

Servis atas dilakukan dengan cara melambungkan bola ke atas dan memukulnya dengan tangan yang mengayun dari bawah ke atas.

Servis bawah dilakukan dengan cara melemparkan bola ke atas dan memukulnya dengan tangan yang mengayun dari depan ke belakang.



2. Passing

Passing adalah teknik dasar bola voli yang digunakan untuk mengoper bola kepada teman satu tim. Passing dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu passing atas dan passing bawah.

Passing atas dilakukan dengan cara melambungkan bola ke atas dan memukulnya dengan kedua telapak tangan yang terbuka.

Passing bawah dilakukan dengan cara memukul bola dengan kedua telapak tangan yang terbuka yang saling berdekatan.


3. Smash/Spike

Teknik penyerangan dalam permainan bola voli disebut smash. Smash atau spike adalah teknik serangan atau pukulan bola di udara sambil meloncat.

Pukulan dilakukan dengan keras dan menukik yang diarahkan ke area lawan. Bola bergerak melewati atas jaring dan mengakibatkan pihak lawan sulit mengembalikannya.

Smes yang efektif ialah smes dengan cara memukul bola dari atas jaring. Menyerang atau smes dalam permainan bola voli merupakan pukulan ketiga dari sebuah tim.

Dalam teknik smes/spike ini, seorang spiker (penyerang) harus memperhatikan empat langkah dasar dalam melakukan spike, yaitu langkah awalan (approach), lompatan, memukul bola, dan posisi mendarat. Pemukulan bola pada saat melakukan spike dilakukan di udara.


4. Blocking

Teknik dasar bola voli satu ini juga harus kamu kuasai. Tujuannya untuk mencegah agar bola tidak masuk ke area tim kamu dan tim lawan mendapatkan poin. Hal terpenting yang perlu kamu perhatikan dalam melakukan pertahanan pada permainan bola voli adalah posisi tubuh, ketepatan waktu, dan ketahanan tubuh. Mudahnya, kamu bisa memanfaatkan tubuh untuk membantu menahan serangan dari tim lawan.

Selain keempat teknik dasar di atas, ada juga teknik-teknik dasar bola voli lainnya, seperti teknik setting, teknik mengumpan, dan teknik volley. Teknik-teknik dasar tersebut juga penting untuk dikuasai agar dapat bermain bola voli dengan baik.


beberapa sumberhttps://www.bola.net/voli/4-teknik-dasar-bola-voli-yang-wajib-dikuasai-ayo-menangkan-permainan-841773-841773-kln.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

4 Teknik Dasar Bola Voli yang Wajib kamu Kuasai !

Bola voli adalah salah satu olahraga yang paling populer di dunia. Olahraga ini dimainkan oleh dua tim yang masing-masing terdiri dari enam...